Thursday, January 17, 2008

Welcome KDE 4!!!

Sedikit terlambat kayaknya. Maklum, seminggu ini di Jakarta tanpa koneksi internet. Jadi mau menyambut rilisnya KDE ga sempet deh. Nah ini dia sekarang saatnya.


KDE 4 Desktop

KDE 4, yang sudah lama dinanti-nantiken oleh para pecinta KDE akhirnya rilis juga pada tanggal 11 Januari kemaren [0]. Sudah banyak banget perubahan yang terjadi di rilisnya kali ini kalau dibandingken dengan versi 3.x.x-nya. Sebut saja Dolphin file manager, Plasma desktop shell, dlsb. Lebih lengkapnya bisa diliat di sini [1].


Plasma's Dashboard


Dolphin File Manager

Sekilas saya liat dari screenshot+review nya sih udah oke berat lho.. Ampe saya pengen coba tu KDE, tapi berhubung waktunya belum menyempatkan diri, maka saya harus menahan hasrat untuk mendownload versi source-nya. Kok yg versi source? Yaa, kebetulan saya pingin install-nya di sistem slack kesayangan nih. Abisnya klo nunggu dari Ubuntu kudu ampe rilis Hardy Heron dulu, kan lebih lama lagi tuh :P. Ato udah ada yang rilisin buat ubuntu? Kasih saya informasinya dong...

Berita yang terlanjur telat ini juga bisa dibaca dari majalah-linux kepunyaan baliwae [2]. Kebetulan yang ini pake bahasa indonesia, makanya saya referensiken :-). Ok deh, happy nge-hack KDE 4 aja yak semua!!

[0] http://www.kde.org/announcements/4.0/
[1] http://www.kde.org/announcements/4.0/guide.php
[2] http://majalah-linux.baliwae.com/2008/01/11/rilis-kde-4-stable-the-dream-comes-true/

3 comments:

Anonymous said...

wah om ... scrinsut nya manah ???

RameTux said...

Eh iya yah, kelupaan. Ga asik yah ga ada visualisasinya :D

Anonymous said...

Halo bos, untuk ubuntu bisa dilirik ke http://kubuntu.org/announcements/kde-4.0.php ... buat gutsy dah ada tuh :D